Belanja online? Hmmm tidak ada satu orangpun yang
kini tidak tahu, bahkan tidak pernah melakukan transaksi atau berbelanja secara
online. Apalagi saat dia sudah mengenal internet dan aktif di sosial media.
Menurut
Direktur Rakuten Asia Pte Ltd Masaya Ueno, 2015 akan menjadi tahun yang besar
untuk pasar e-commerce, dan pertumbuhannya di Indonesia diperkirakan bisa
mencapai US$ 10 milyar pada akhir tahun ini. Seperti yang dikutip oleh majalah
tekno.tempo.co, Masaya sendiri mengatakan ada beberapa barang yang akan booming
dan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2014, yaitu produk kosmetik,
makanan dan juga perlengkapan bayi.
Namun
menurut survey yang diadakan oleh IDEA, product fashion masih menempati urutan
teratas pencarian dan pembelian produk secara online, yaitu sebesar 78%.
Dan
tanpa disadari belanja online bukan lagi menjadi jalan keluar atau solusi dari
kesulitan masyarakat dalam membelanjakan uangnya. Kini belanja online bisa jadi
sebagai sebuah kebiasaan.
Tapi
sadarkah kamu, apa sebenarnya yang mendasari masyarakat mau belanja online?
Disamping banyaknya rumor ini dan itu yang hampir mematikan pasar
e-commerce. Berikut ini kami jabarkan
beberapa alasan menagapa masyarakat mau berbelanja secara online:
1.
Menghemat waktu
Berbelanja
online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu
untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan.
Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa
mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan
ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.
2.
Tidak perlu keluar rumah
Saat
kita diliputi rasa malas, tapi harus segera memenuhi kebutuhan atau mewujudkan
keinginan, maka belanja online adalah pilihannya. Saat kita menginginkan sebuah
barang yang jauh dari kota atau tempat kita tinggal dan tidak mampu kita
jangkau dengan mudah, maka kita bisa membeli produk itu secara online. 66%
orang beralasan ini saat mereka menjelaskan alasan mengapa dirinya berbelanja
online.
3.
Barang langsung diantar ke rumah
Malas
pergi atau keluar rumah, juga membuat kita merasa malas untuk membawa barang
banyak saat berada di pusat perbelanjaan kan? Membeli barang ini dan itu tentu
akan membuat kita kerepotan, dan saat kita berbelanja online, maka itu tidak
akan terjadi.
Produk
yang kita beli dari salah satu toko online akan diantar langsung ke alamat
kita. Bisa melalui jasa pengiriman barang atau diantar langsung oleh
penjualnya. 64% dari responden mengatakan bahwa barang yang diantar kerumah
akan jauh lebih efisien ketimbang kita yang membawa barang dengan jumlah
banyak.
4.
Dapat membandingkan produk dengan mudah
Jika
kita berbelanja produk yang kita inginkan di toko atau secara offline, tentu
akan sangat kesulitan untuk membandinkan produk 1 dengan yang lainnya. Apalagi
saat kita menemukan 1 produk di toko lain dengan harga yang lebih murah dari
yang sudah kita dapatkan. Nah dengan berbelanja secara online, kita akan lebih
mudah membandinkan lebih dari 1 produk dari beberapa toko online yang berbeda.
Biasanya
masyarakat memang memanfaatkan toko online untuk mencari informasi seputar
produk yang diinginkan. Entah pada akhirnya memutuskan berbelanja online
ataupun offline. Sebanyak 61% dari jumlah responden memilih alasa ini ketika
hendak berbelanja online.
5.
Menemukan produk pasar dengan lebih mudah
Seperti
yang dikatakan sebelumnya, bahwa toko online sering kita manfaatkan untuk
mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya kita lakukan saat kita
tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata kita
mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah
ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Sehingga masyarakat memilih
untuk berbelanja secara online ketimbang offline.
58%
masyarakat yang mengikuti survey ini mencari produk yang tidak ada di pasaran
melalui media online. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produknya secara
online.
6.
Mendapat harga yang lebih murah
Selain
menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering
menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jau h lebih murah
daripada di toko fisik. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing
menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi
masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang
dibutuhkan secara online.
Sekalipun
harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya kirim, konsumen tidak keberatan.
Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah, dan
tidak repot untuk mencari dan membeli secara offline. Sebanyak 45% masyarakat
memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah
daripada berbelanja langsung di toko.
7.
Kualitas yang tidak kalah dari yang di toko
Seringkali
kita khawatir jika membeli produk secara online akan mendapatkan kualitas
produk yang lebih buruk daripada yang ada di toko offline. Tapi rumor itu
segera terpecahkan ketika setidaknya 26% orang percaya bahwa produk yang dibeli
secara online memiliki kualitas produk yang tidak kalah baik dari yang dibeli
secara offline.
Sebagai
konsumen kita juga harus bijak saat berbelanja online. Ketika kita masih ragu
untuk membelanjakan uang untuk produk di toko online, coba saja cek testimonial
pelanggan dari toko online itu. Lihatlah bagaimana pelanggan memberikan feed
back atau tanggapan atas produk yang mereka beli. Dari situ kepercayaan memang
akan terbentuk untuk membeli produk dari toko online tertentu.
Lalu dimana saja biasanya mereka
berbelanja produk secara online? Sosial media, marketplace dan melalui
media resmi seperti website toko online.
Jika
kamu pernah mendengar bahwa ada banyak jasa website toko online, Menciptakan peluang berbisnis untuk para UKM
dan juga memudahkan para konsumen untuk mendapatkan produk yang diinginkan
secara online. Dengan website yang bisa disesuaikan dengan jenis usaha,
Jagoanstore.com menawarkan website toko online dengan fitur yang dibutuhkan
oleh toko online dan mudah digunakan.
No comments:
Post a Comment