Apakah kamu mengalami kesulitan ketika mencari berkas atau suatu benda di
meja kamu? Apakah teman-teman kantor kamu sering mengeluh tentang meja kerja
kamu yang berantakan? Apakah kamu tipe orang yang sulit menjaga meja kerja
tetap bersih dan rapi?
Tisu, berkas, sisa bungkus makanan, debu, alat tulis yang berserakan di
meja, itulah gambaran meja kerja yang termasuk dalam golongan meja kerja yang
berantakan. Mungkin bagi sebagian orang terutama pria, meja kerja yang rapi dan
bersih terdengar hal yang biasa dan tidak diharuskan, namun ini adalah hal yang
penting. Mengapa? Karena pribadi kamu bisa tergambar dari meja kerja kamu.
Tentunya kamu tidak mau dikatakan orang yang berantakan dan tidak rapi oleh
teman kantor atau atasan kamu.
Aktivitas bekerja tentunya akan lebih efektif jika berkas dan barang-barang
seperti pulpen, stabilo, post-it, gunting, atau alat tulis
lainnnya diletakkan pada tempatnya. Jadi ketika kamu terburu-buru, berkas atau
barang lainnya mudah kamu temukan, tidak mudah hilang, dan juga tidak akan
mengganggu kamu saat terburu-buru mengangkat telepon. Selain itu, meja kerja
yang bersih juga secara tidak langsung bisa membangkitkan semangat kamu dalam
bekerja.
Ada 5 tips untuk menjaga meja kerja kamu agar tetap bersih dan rapi.
Berikut tipsnya:
1. Pemilihan Meja Kerja
Untuk kamu yang memiliki
pekerjaan yang ringan seperti membutuhkan laptop saja, tidak perlu menggunakan
meja yang terlalu besar. Namun jika kamu seorang designer ataupun
arsitek, gunakanlah meja yang besar untuk memudahkan kamu dalam bekerja.
2. Mengatur Berkas dan
Alat Tulis
Jangan biarkan kertas/file berserakan
di meja kamu, letakkan berkas tersebut di laci atau box file untuk
memudahkan kamu dalam mencari dan meminimalkan kehilangan benda/barang kamu.
Kamu juga bisa mengarsipkan file tersebut jika perlu. Untuk
alat tulis, sediakan tempat alat tulis di meja kamu agar alat tulis kamu tidak
mudah hilang. Namun jangan disediakan saja, setelah gunakan kamu harus menaruh
kembali berkas dan barang-barang kamu pada tempatnya.
3. Buanglah Sampah Segera
Ketika asik bekerja, membuang
sampah kertas atau makanan merupakan hal yang malas untuk dilakukan bagi
sebagian orang. Tak jarang sampah pun menumpuk dan berserakan di meja kantor.
Hal ini harus dihindari, buanglah sampah pada tempatnya dengan segera. Jika
tempat sampah cukup jauh dari meja kamu, kamu juga bisa menyediakan tempat
sampah kecil di bawah meja kamu untuk mempermudah jangkauan kamu membuang
sampah pada tempatnya.
4. Mulailah Membersihkan
dan Merapikan Segera
Untuk mendapatkan meja
kerja yang bersih dan rapi, mulailah saat kamu selesai membaca artikel ini.
Jangan tunggu minggu besok, lusa, atau minggu depan. Jangan menunggu hari
tertentu untuk sekadar mengelap meja. Kamu bisa melakukannya setiap hari hanya
5 menit. Mulailah katakan tidak pada meja yang berantakan dari sekarang!
5. Letakkan Benda Favorite Kamu
Menaruh benda kesukaan kamu di
meja akan memengaruhi emotional atau mood kamu,
sehingga kamu bisa lebih betah berlama-lama di meja kerja kamu. Kamu bisa
menaruh foto keluarga, teman, pasangan, atau menaruh pajangan, bunga, dan benda favorite kamu
lainnya.
Jadikan hari kerja
kamu lebih bersemangat dan menyenangkan dengan meja kerja yang bersih dan rapi.
Anggap meja kerjamu sebagai rumah yang kamu tempati selama bekerja. Bersih dan
rapi itu indah loh, karena kebersihan itu bagian dari iman bukan. Jadi tunggu
apa lagi, yuk ikuti tips di atas sekarang!
No comments:
Post a Comment